Mengenal Walled Garden Pada Mikrotik Beserta Konfigurasinya ~

Mengenal Walled Garden Pada Mikrotik Beserta Konfigurasinya ~

Assalamualaikum wr wb
A.Pendahuluan

   Dikesempatan ini saya akan membahas artikel tentang apa itu walled garden pada mikrotik, pernah melihat fitur ini di mikrotik ?? ya fitur ini ada di menu hotspot di mikrotik tapi apa sebenernya fungsi walled garden ini ?? .  
  •  Latar Belakang 
        Ingin membuat sebuah hotspot yang dimana user yang terkoneksi dengan hotspot tersebut dapat membuka situs tertentu tanpa melakukan proses autentikasi / memasukkan username dan password .
  •  Maksud & Tujuan 
Dapat mengenal apa itu walled garden dan cara konfigurasi walled garden itu .

B.Alat & Bahan

 Mikrotik
 Client
 Jaringan Hotspot
 Kabel utp

B.Waktu Pelaksanaan

15 - 30 menit

C.Pembahasan

Sebelum dilanjut 

Bantu saya dengan cara klik link dibawah ini :) thx


    Walled Garden adalah salah satu fitur yang terdapat pada hotspot gateway mikrotik untuk memperbolehkan user mengakses situs tertentu tanpa melakukan proses login terlebih dahulu pada halaman login hotspot Seperti yang sudah kalian tahu, kalau dengan konfigurasi Hotspot Gateway secara default maka setiap user harus login terlebih dahulu untuk dapat terkoneksi ke internet tanpa terkecuali. Tapi dengan fitur Walled Garden ini, kalian bisa memberikan perlakuan istimewa untuk beberapa situs tertentu yang kalian inginkan.

   Setelah pengenalan tentang apa itu walled garden disini saya akan mencoba penerapannya pada mikrotik, tapi sebelum kesitu pastikan kalian sudah dapat membuat sebuah hotspot dan mempunyai 1 minimal client.

1.Misalnya disini kalian memperbolehkan client mengkases website wiki.mikrotik.com tanpa perlu login hotspot dari jaringan anda, untuk membuatnya masuk ke IP > Hotspot >Walled Garden  tambahkan rule baru seperti dibawah ini .

2.Kemudian pada komputer client pastikan belum login terlebih dahulu



3.Sekarang kita cek dengan cara membuka alamat situs yang kita tadi masukkan di konfigurasi tadi tanpa login hotspot


4.Dan misalnya kalian ingin membuka situs lain kalian dapat login hotspot terlebih dahulu


D..Masalah

Tidak ada

E.Kesimpulan

    Walled Garden ini sebenerya bisa kita maksimalkan lagi penggunaanya jadi user dapat melakukan akftifitas browsing ke artikel manapun tetapi ketika user tersebut ingin mendownload file dari suatu situs maka router akan meminta user tersebut login terlebih dahulu agar bisa download file itu.

Mungkin hanya itu yang bisa saya dapat tuliskan bilamana ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.
Wassalamualaikum wr wb
F.Refrensi

Ebook mikrotik 

0 komentar