Cara Memblokir Client Mengdownload File Ekstensi Tertentu Menggunakan Mikrotik ~

Cara Memblokir Client Mengdownload File Ekstensi Tertentu Menggunakan Mikrotik ~
Assalamualaikum wr wb 


A.Pendahuluan

  Oke sebelumnya terima kasih sudah mau mampir lagi ke blog saya, dikesempatan kali ini saya mau sedikit berbagi pengalaman saya memblokir file agar client yang terhubung kejaringan kita tidak dapat mendownload file tersebut.
  •  Latar Belakang 
          Ketika kalian membuat sebuah jaringan dan client kalian menggunakan jaringan kalian untuk mendownload file yang mungkin membutuhkan bandwidth yang lumayan besar yang akan merugikan kalian , disitu kita dapat mengatur agar client tersebut tidak dapat mengunduh segala file dengan ekstensi tertentu .
  •  Maksud & Tujuan 
Membatasi user agar tidak dapat mendownload file dengan ekstensi .iso  .

B.Alat & Bahan

 mikrotik terhubung ke internet
 kabel utp
 client
 Pemahaman web proxy & konfigurasi dasar web proxy 

C.Waktu Pelaksanaan

 10 - 30 menit

D.Pembahasan
 
    Di kesempatan kali ini saya akan menggunakan metode web proxy untuk memblokirnya sebelumnya pastikan sudah paham terlebih dahulu fungsi dan cara kerja web proxy pada mikrotik itu sendiri dan mengerti cara konfigurasi dasar web proxy itu
untuk pengertian proxy kalian bisa buka disini dan untuk konfigurasi dasar nya disini .Jika sudah paham silahkan lanjut pembahasan di bawah ini.

1.Masuk ke IP > Web Proxy > Access lalu tambahkan konfigurasi baru lagi untuk contohnya seperti dibawah ini .

nb: pada kolom path bisa kalian isi sesuai ekstensi file yang ingin kalian blokir
2.Jangan lupa untuk meletakan konfigurasi yang baru tadi dibuat di paling atas


3.Kemudian pada komputer client kita coba untuk mengdownload file berekstensi iso , disini saya mencoba untuk mengdownload iso debian di repostiory indo


4.Dan ketika saya mencoba mengunduhnya maka akan muncul seperti dibawah ini

E.Masalah

Tidak ada

F.Kesimpulan
 
Jadi begitu saja konfigurasinya mungkin terlihat simple tapi kalian bisa coba untuk berkreasi sendiri .Sekian dari saya , bilamana ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb
G.Refrensi

Ebook mikrotik 
  ebook mikrotik 

0 komentar