Pengertian FTP dan Cara Penggunaanya di MIkrotik || Jaringan ~

Pengertian FTP dan Cara Penggunaanya di WInbox || Jaringan ~

Assalamualaikum wr wb
A.Pendahuluan

   Pernah gak kalian berpikir bagaimana terjadinya proses meng-download dan meng-uploud suatu file ?? Ternyata hal tersebut terjadi karena File Transfer Protocol atau biasa disebut FTP.
  • Latar Belakang
Dengan kita menggunakan FTP ini kita dapat saling membagi file antara sesama pengguna internet di dunia tetapi kali ini saya menggunakan FTP di Mikrotik untuk menguploud dan mendownload filenya.
  • Maksud & Tujuan
  1. Kita dapat melakukan pertukaran file antar komputer dengan mudah, walaupun file tersebut memiliki ukuran yang besar
  2. Bagi pemilik website, dengan adanya FTP, mereka dapat melakukan backup website mereka dengan mudah.
B.Alat & Bahan 

 Program FileZilla kalian bisa mendownloadnya disini
 Leptop / PC

C.Waktu Pelaksanaan

0 - 10 menit tergantung permasalahan yang ditemukan

D.Pembahasan

Sebelum dilanjut 

Bantu saya dengan cara klik link dibawah ini :) thx


    FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer, seperti upload dan download file yang dilakukan oleh FTP Client dan FTP server.

    Layanan FTP bisa diatur menjadi FTP public, dimana semua orang bisa mengakses data-data yang ada di server FTP dengan mudah. Selain dapat diatur menjadi FTP public, layanan FTP ini juga bisa diatur agar tidak semua orang dapat mengakses data-data yang ada di server, jadi hanya pengguna terdaftar saja yang memiliki izin untuk mengakses data-data tersebut.

FTP berkerja menggunakan salah satu protokol yang dapat diandalkan untuk urusan komunikasi data antara client dan server, yaitu protokol TCP (lebih tepatnya menggunakan port nomor 21).

Dengan adanya protokol ini, antara client dan server dapat melakukan sesi komunikasi sebelum pengiriman data berlangsung.
Oke.. Kali ini saya menggunakan FTP di Mikrotik.

Pertama saya mencoba untuk mendownload file banner login yang ada di mikrotik saya

1.Pertama kita hubungkan terlebih dahulu Leptopnya dengan Mikrotik jika sudah masuk ke winbox.

2.JIka sudah masukkan IPnya di IP>Address untuk IPnya bebas untuk interfacenya saya pilih ether2 karena ethernet2 saya terhubung dengan leptop saya.



3.Kita buat DHCP Server di IP>DHCP Server lalu pilig DHCP Setup pada interfacenya tergantung kalian menghubungkan leptopnya pada ethernet berapa
disini kita next saja sampai muncul tulisan Successfully.








4.Kemudian kita atur IP leptop kita yang tadinya manual menjadi Automatic (DHCP) . 



5.Lalu masuk ke program FileZilla pada Hostnya kita masukkan IP Address yang pertama kita masukkan tadi karena usernya tidak saya atur maka username dan passwordnya masih default dan untuk Portnya kita masukkan 21 kemudian klik Quickconnect.



6.Dibagian bawah terdapat Local site ( Penyimpanan Komputer ) dan Remote Site ( Penyimpanan Mikrotik ).



7.Untuk cara mendownload file yang di mikrotik tinggal kita pilih file yang diinginkan lalu kita tarik file tersebut dan lepaskan di tempat penyimpanan komputer yang diinginkan begitupun sebaliknya .

E.Masalah

Tidak ada

F.Kesimpulan

   Jadi FTP merupakan protokol yang digunakan untuk keperluan transfer/ tukar menukar data antar komputer (client dan server), dimana dengan adanya FTP, kita bisa melakukan upload dan download file dengan mudah. Cukup Sekian dari saya  bila ada kesalahan penulisan saya minta maaf.

Wassalamualaikum wr wb
G.Refrensi


0 komentar