Cara Menginstall OS Debian 8 Server di Proxmox ~

Cara Menginstall OS Debian 8 Server di Proxmox ~

Assalamualaikum wr wb 
A.Pendahuluan

   Bertemu kembali lagi di blog saya , pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang bagaimana cara menginstall Debian 8 Server di proxmox.
  •  Latar Belakang
        Karena server debian lebih sering digunakan sebagai sistem operasi server oleh banyak orang .
  •  Maksud & Tujuan
Dapat menginstall OS Debian 8 Server di proxmox dan dapat menjalankannya.

B.Alat & Bahan

 ISO Debian 8 Server
 Proxmox
 Server
 Kabel UTP
 Laptop 

C.Waktu Pelaksanaan

 30 - 60 menit

D.Pembahasan

1.Remote proxmox kalian menggunakan browser biar lebih mudah, kemudian buat VM baru di proxmox .


2.Ganti nama VM nya terserah kalian

3.Pilih iso debian yang ingin di install, jika menggunakan cara ini kalian harus sudah menguploud file isonya terlebih dahulu ke proxmox ,untuk caranya kalian bisa bukanya disini


4.Setelah itu atur penyimpanan hardisknya untuk OS Server tersebut


5.Kemudian atur kecepatan CPU untuk OS Debiannya


6.Lalu atur besar RAM yang akan digunakan untuk server itu


7.Pada bagian ini kalian bisa atur sesuai keinginan kalian


8.Jika sudah kita finish


9.Lalu kita atur bootnya menjadi yes


centang start at bootnya lalu pilih ok

kemudian kita start VMnya


10.Oke disini kita install seperti biasanya


11.Kita pilih bahasa untuk tahap penginstallannya


12.Setelah itu pilih area kita saat menginstall, untuk memilih indonesia kalian bisa pilih other terlebih dahulu


kemudian pilih Asia


Setelah itu pilih indonesia


Pilih default nya ( united states )





13.Pilih keyboard yang akan digunakan


14.Kemudian kita atur IP untuk servernya secara manual

Atur IP nya sesuai keinginan kalian


15.Masukkan hostname untuk server kalian 


16.Lalu masukkan password yang akan digunakan untuk user root kalian

ketik ulang password root 
17.Setelah itu masukkan nama yang akan digunakan oleh user baru untuk server kalian
Beri password untuk user biasa kalian

ketik ulang lagi password terserbut 

18.Setelah itu pilih lokasi kalian

19.Kemudian atur partisinya


Disini saya ingin yang menggunakan semua penyimpanan hardisk saya, jadi saya pilih yang paling atas


 Pilih finish jika sudah

Kemudian pilih yes

20.Disini karena saya ingin menggunakan repository online ( tanpa dvd ) jadi saya pilih no

pilih no lagi

21.Lalu pilih yes

22.Pada bagian ini kalian bebas memilih service apa saya yang ingin kalian install secara otomatis


23.Setelah itu pilih yes agar server kalian terinstall grub nya


24.Pilih tempat kalian ingin install grub tersebut


25.Terakhir kita continue yang berarti tahap penginstallan sudah berhasil

E.Masalah   

Tidak ada

F.Kesimpulan

Dengan menggunakan proxmox ini kita dapat menginstall beberapa os server di proxmox .Mungkin hanya ini yang bisa saya tuliskan dikesempatan kali ini bilamana ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb
G.Refrensi

0 komentar