Pengenalan Web Proxy Pada Mikrotik ~

Pengenalan Web Proxy Pada Mikrotik ~

Assalamualaikum wr wb 
 
A.Pendahuluan

   Oke bertemu kembali dengan saya pada kesempatan kali ini saya akan sedikit sharing tentang pengenalan web proxy pada mikrotik, oke simak saja tulisan di bawah ini dan jangan lupa untuk di pahami .
  •  Latar Belakang 
          Seringkali saya mendengar kata proxy ketika sedang belajar mikrotik tetapi saya tidak tahu apa itu proxy dan dengan begitu saya ingin mengenal atau jika bisa memahami apa itu proxy dan beserta kelebihan kelebihannya .
  •  Maksud & Tujuan 
      Dapat memahami fungi sederhananya proxy itu dan dapat mengerti kelebihan kelebihannya .

B.Alat & Bahan

 laptop
 koneksi internet

C.Waktu Pelaksanaan

15 - 45 menit

D.Pembahasan

   Proxy Server itu sendiri merupakan sebuah perangkat yang menjadi perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server server, secara simplenya fungsi dari proxy seperti itu.

Dan pada kali ini yang akan di bahas adalah web proxy yang merupakan salah satu fitur dari mikrotik itu sendiri, jadi web proxy ini akan menjadi perantara antara browser - browser yang ada dikomputer user dengan web server yang ada di internet.


Cara Kerja :

Ketika seorang client mencoba untuk membuka suatu situs , maka browser client akan mengirimkan http request ke web server, namun berbeda ketika kita menggunakan web proxy maka https request dari client tersebut akan diterima oleh web proxy

Setelah itu proxy akan membuat sebuah http baru atas nama web proxy itu , https request atas nama proxy inilah yang akan diterima oleh server kemudian server akan membalas dengan https respone dan diterima oleh proxy kemudian akan diteruskan ke client yang tadi.
Kelemahan :



menggunakan proxy



















        Tanpa menggunakan proxy

Tetapi karena akan membuat sebuah http baru atas nama dirinya maka router mikrotik yang manjalankan web proxy ini akan membutuhkan pemaikaian resource ( sumber daya dan cpu ) yang besar .

Keuntungan Menggunakan Proxy :

  •  Caching :
Web proxy dapat melakukan caching content yang menyimpan beberapa content dari web seperti gambar , teks dll . kontent tersebut akan digunakan kembali ketika ada permintaan pada kontent itu lagi 2

Contoh : ketika anda membuka facebook , maka file file seperti image , script dll akan tersimpan pada web proxy , sehingga jika lain kali anda mengakses facebook lagi maka content yang sudah terdapat pada web proxy akan otomati ada bahkan tanpa terhubung ke internet sekali pun.

  •  Filtering :
Dengan menggunakan teknik filtering ini kita dapat membatasi aktifitas client kita, seperti membatasi akses ke situs tertentu, mendownload pada ekstensi tertentu, bahkan melakukan redirect ke situs tertentu.

  •  Connection sharing
Web Proxy meningkatkan level keamanan dari jaringan anda, karena computer user tidak berhubungan langsung dengan web server yang ada di Internet.

 E.Masalah

Tidak ada

F.Kesimpulan

   Jadi dengan menggunakan web proxy ini kita dapat meningkatkan keamanan / membatasi aktifitas client kita yang terkadang merugikan suatu perusahaan.

Mungkin hanya itu yang bisa saya tulisakan pada kesempatan kali ini bilamana ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb
G.Refrensi


0 komentar