Mengenal Apa Itu CMS OpenSID ~

Mengenal Apa Itu CMS OpenSID ~

Assalamualaikum wr wb 

A.Pendahuluan

   Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu cms OpenSID. Di suatu desa pasti perlu yang namanya informasi desa kan baik tentang keterangan jumlah penduduknya,status warga desanya,peristiwa di desa,dll nah disinilah beberapa fungsi dari openSID itu sendiri .
  •  Latar Belakang
          Kurangnya pengetahuan masayarakat tentang informasi-informasi pada desa tersebut maka dengan openSID kita dapat membuat sebuah website untuk menampung informasi-informasi.
  •  Maksud & Tujuan
Dapat mengenal apa itu openSID.

B.Pembahasan

   OpenSID adalah sebuah Sistem Informasi Desa ( SID ) yang sangaja dibentuk / dibuat supaya terbuka dan dapat dikembangkan bersama-sama oleh orang lain / komunitas peduli SID

Dengan begini OpenSID diharapkan dapat membantu pemerintah desa dalam beberapa hal berikut :
  •  kantor desa lebih efisien dan efektif
Diharapkan dengan menggunakan cms OpenSID ini penerepan fungsi kantor desa lebih efesien dan efektif karena dengan OpenSID semua organisasi yang berada di desa tersebut dapat di imputkan sehingga lebih efisien lagi .

  •  pemerintah desa lebih transparan dan akuntabel
Dengan menggunakan OpenSID ini pemerintah desa dapat mengelola informasi contohnya kegiatan kegiatan desa dalam bentuk yang mudah disajikan kepada warga dan lebih mudah diakses oleh warga desa.

  •  Layanan publik lebih baik
Yang dimaksud dalam hal ini adalah dengan ada menggunakan OpenSID ini semua informasi yang dibutuhkan warga sudah tersedia dan tinggil diinputkan oleh pemerintah desa tersebut.

  •  warga dapat mengakses lebih baik informasi pada desa
Dengan menggunakan OpenSID informasi kependudukan,perencanaan desa ,asset, anggaran desa dan lain lainnya akan tercatat secara elektronik, semua informasi tersebut mempunyai potensi untuk lebih mudah di akses oleh warga. kantor desa mempunyai kesempatan untuk menyediakan fasilitas bagi warga untuk mengakses informasi desa dengan mudah, misalnya dengan menerbitkan informasi desa di web desa.

C.Masalah

Tidak ada

D.Kesimpulan

   Jadi OpenSID adalah aplikasi berbasis web yang dibuat oleh komunitas openSID dalam rangka membantu pengembangan sistem informasi desa.

Sekian dari saya  bilamana ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb
E.Refrensi

0 komentar