Bypass Login Hotspot Pada Mikrotik ~

Bypass Login Hotspot Pada Mikrotik ~

Assalamualaikum wr wb 

A.Pendahuluan

  Sebelumnya terima kasih temen-temen sudah mau kembali lagi di blog ini, pada kesempatan kali ini saya akan membahas artikel tentang bagaimana cara meng-bypass login hotspot pada mikrotik.Silahkan temen-temen yang mau mencobanya dibaca terlebih dahulu baru di praktekan.
  •  Latar Belakang
         Di dalam suatu tempat terkadang sudah tersedia jaringan nirkabel yang sering kita sebut hotspot dan ketika ada orang ingin tersambung ke hotspot tersebut maka browser akan mengalihkannya ke halaman login hotspot dan untuk terhubung ke internet maka harus memasukkan yang namanya username dan password.

        Tetapi pada kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara meng-bypass login hotspot mikrotik itu, bypass yang dimaksud disini adalah kita tidak perlu lagi memasukkan username dan password pada login hotspot .
  •  Maksud & Tujuan
Dapat melakukan bypass login hotspot pada salah satu perangkat 

B.Alat & Bahan

 kabel utp
 mikrotik yang sudah terhubung ke internet
 laptoPClient

C.Waktu Pelaksanaan

 05 - 20 menit

D.Pembahasan

   Sebenarnya untuk melakukan bypass login hotspot kita dapat menggunakan fitur IP Bindings, Walled Garden atau bisa juga menggunakan fitur Walled Garden IP List pada menu Hotspot di Mikrotik, tetapi pada kali ini saya akan menggunakan fitur IP Bindings untuk melakukan bypassnya.
  • IP Bindings
     IP Bindings ini digunakan ketika ada user dalam jaringan kalian yang kalian istimewakan jadi ketika user ini ingin terhubung ke internet melalui hotspot anda maka user ini tidak perlu yang namanya memasukkan username dan password dan untuk cara penggunaanya kita perlu mengetahui terlebih dahulu MAC Address dari  user tersebut .
Untuk konfigurasi nya seperti dibawah ini :


1.Pertama kita buat hotspot terlebih dahulu seperti biasa , di menu IP > Hotspot


2.Masih pada menu hotspot masuk ke tab Hosts disitu terdapat keterangan tentang user yang terhubung ke hotspot kita kemudian copykan MAC-Address dari user tersebut 


3.Setelah itu masuk ke tab IP Bindings buat rule baru lalu pada kolom mac address isikan mac-address dari perangkat user kalian yang ditargetkan kemudian pada type nya pilih bypassed


Pada opsi type terdapat 3 macam parameter yaitu :
  1. Blocked   = Mac address yang didaftarkan dengan type ini otomatis tidak akan              mendapatkan layanan hotspot.
  2. Bypassed = Mac address yang didaftarkan dengan type ini akan dibypass  sehingga tidak perlu melewati proses autentikasi.
  3. Regular  = Mac address yang didaftarkan dengan type ini akan melewati          proses autentikasi seperti user biasa, misalkan digunakan hanya     untuk mengalokasikan IP address khusus ke host tertentu. 
4.Terakhir tinggal dicoba hubungkan user yang kalian tadi sudah targetkan ke hotspot anda dan test apakah harus memasukkan username dan password terlebih dahulu atau tidak.

 E.Masalah

Tidak ada

F.Kesimpulan

  Dengan begini user yang kita istimewakan tidak perlu memasukkan username dan password lagi ketika ingin terhubung ke internet melalui hotspot kita,mungkin tutorial ini cukup sederhana tetapi jika kita lebih improve lagi maka fitur IP bindings ini sangat bermanfaat.

Mungkin hanya ini yang bisa saya dapat tuliskan bilamana ada kesalahan dalam penulisan diatas saya mohon maaf.
 Wassalamualaikum wr wb

G.Refrensi


0 komentar