Membatasi Akses Internet Pada IP Address tertentu Menggunakan Mikrotik ~`

Membatasi Akses Internet Pada IP Address tertentu Menggunakan Mikrotik ~
 

Assalamualaikum wr wb 


A.Pendahuluan

  Pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel tentang bagaimana  cara membatasi akses internet pada client tertentu menggunakan IP Address di Mikrotik , silahkan saja di pahami pemabahasan tulisan dibawah ini dan jangan lupa untuk mempraktekannya
  •  Latar Belakang
Agar hanya client tertentu yang dapat mengakses internet.
  •  Maksud & Tujuan
Membatasi akses internet pada IP tertentu saja.

B.Alat & Bahan

 Mikrotik dengan akses internet
 winbox / aplikasi mengremote lainnya
 Laptop
 Kabel UTP
 Client

C.Waktu Pelaksanaan

10 - 20 menit

D.Pembahasan

Sebelum dilanjut 

Bantu saya dengan cara klik link dibawah ini :) thx


1.Sebelum memulai ke tahap konfigurasi pastikan kalian mempunyai 1 client yang mempunyai akses internet dengan cara melakukan konfigurasi NAT pada Router.

2.Jika sudah cek IP yang di peroleh si Client dari Router , untuk mengeceknya ada di IP>DHCP>Leases

Contoh : Client yang memperoleh koneksi dari router saya memilki IP 192.168.20.6
Monitoring DHCP
  3.Pada sisi client saya test apakah dapat terkoneksi dengan internet atau tidak

Laptop client
 Setelah di test untuk browsing masih jadi

  4.Setelah itu masuk ke winbox lagi, masuk ke menu IP > Firewall > NAT . Hapus konfigurasi NAT Sebelumnya


Jika sudah buat konfigurasi lagi,tetapi pada kolom src.address masukkan IP Client yang di perbolehkan untuk mengakses internet dikarenakan IP yang di peroleh client saya tadi 192.168.20.6 maka saya akan mengcoba untuk memasukkan IP Client lain yang di perbolehkan untuk mengakses internet




Jangan lupa pada tab action pilih masquarade karena IP yang diterima client merupakan IP untuk jaringan local, sedangkan untuk berselancar ke internet harus menggunakan IP Public . Jika sudah Apply > ok.

5.Kemudian uji coba pada client yang tidak kalian cantumkan IPnya di src.addressnya tadi , maka tidak akan terkoneksi dengan internet karena si router hanya memperbolehkan Client dengan IP 192.168.20.5 yang terkoneksi dengan internet.



E.Kesimpulan

   Dengan melakukan metode ini kita dapat memanjemen client kita sesuai kepentingan tugasnya masing masing . Mungkin itu saja yang bisa saya dapat sampaikan bila mana ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb
F.Refrensi

Ebook Mikrotik

2 komentar