Pengertian Virtualisasi dan Beserta Contoh Softwarenya || Virtual ~

Pengertian Virtualisasi dan Beserta Contohnya || Virtual ~
 
Assalamualaikum wr wb

A.Pendahuluan

    Mendengar kata virtual mungkin ada hubunganya dengan alat modern yang sering disebut VR (Virtual Reality), efek dari penggunaan VR adalah kita dapat merasakan seolah-seolah kita berada di tempat itu (sesuai yang ditampilkan dilayar).Dalam dunia komputer juga ada sebuah metode virtual,metode ini sangat bermanfaat bagi user salah satunya menghemat waktu.
  • Latar Belakang
        Karena sekarang ini dunia sudah memasuki era modern dimana semuanya berbasis digital dan salah satu teknologi yang terkadang dapat membuat orang heran adalah virtualisasi tapi apa sebenernya arti kata virtual dan  contoh  program-program yang sudah menggunakan teknologi ini ?.
  • Maksud & Tujuan
Memahami konsep dari virtualisasi itu sendiri dan dapat mencobanya di perangkat sendiri.

C.Pembahasan

Sebelum dilanjut 

Bantu saya dengan cara klik link dibawah ini :) thx


   Virtualisasi adalah sebuah teknik untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer dari bagaimana cara sistem lain, aplikasi atau pengguna berinteraksi dengan sumber daya tersebut.Hal ini termasuk membuat sebuah sumber daya tunggal (seperti server, sebuah sistem operasi, sebuah aplikasi, atau peralatan penyimpanan terlihat berfungsi sebagai beberapa sumber daya logikal atau dapat juga termasuk definisi untuk membuat beberapa sumber daya fisik (seperti beberapa peralatan penyimpanan atau server) terlihat sebagai satu sumber daya logika.

Lanjut ke contoh softwarenya saja

  • VirtualBox

  
     Virtualbox adalah sebuah software / perangkat lunak virtualisasi,yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan", didalam sistem operasi utama, sebagai contohnya jika seseorang mempunyai sebuah sistem operasi windows dan pengguna tersebut ingin menginstall juga OS Linux maka dapat menggunakan software ini
Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan uji coba dan simulasi installasi suatu sistem tanpa harus takut kehilangan sistem yang ada.

  • VMWare

  
     VMWare dikenal sebagai pelopor dalam software virtualisasi.Kata VM dari VMWare sendiri punya  kepanjangan Virtual Machine.Saat ini, software desktop VMWare dapat berjalan pada Microsoft Windows, Linux, dan MacOS X.Sementara software enterprise VMWare yaitu, VMWare ESX Server dapat dijalankan langsung pada server tanpa perlu adanya sistem operasi.Secara umum, software VMWare ini dikategorikan menjadi tiga bagian, yaitu software desktop, software server,dan produk-produk lain.Untuk software desktop ada tiga macam, yaitu VMWare Workstation yang dirilis pertama kali pada tahun 1998, yang memungkinkan melakukan instalasi beberapa sistem operasi pada x86 dIPC yang sama.

  • QEMU


 
       Sama seperti virtualbox dan vmware , Qemu juga sebuah perangkat lunak virtualisasi yang dapat berjalan pada sistem operasi linux , windows ,dll . Kelebihan dari QEMU salah satunya yaitu ringan karena software ini merupakan fast processor emulator. Qemu juga aplikasi emulator yang mengandalkan translasi binary untuk mencapai kecepatan yang layak saat berjalan di arsitektur komputer host.

      Dalam hubungannya dengan komputer host, Qemu menyediakan satu perangkat model yang memungkinkan untuk menjalankan berbagai sistem operasi yang belum dimodifikasi sehingga dapat ditampilkan dalam hosted virtual machine monitor.Qemu juga dapat memberikan dukungan percepatan modus campuran binary translation (untuk kernel code) dan native execution (untuk user code), yang model kerjanya hampir sama dengan VMWare Workstation atau Microsoft Virtual. 

C.Kesimpulan

   Dengan menggunakan metode virtualisasi salah satu keuntungannya adalah kita dapat menghemat biaya.Sekian dari saya bila masih kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.
Wassalamualaikum wr wb
D.Refrensi 

wikipedia



0 komentar