Cara Install Apache,PHP,Mysql ,dan PHPMyadmin di Linux || Server ~

Cara Install Apache,PHP,Mysql ,dan PHPMyadmin di Linux || Server ~

Assalamualaikum wr wb


A.Pendahuluan

   Pada kali ini saya akan membagikan sedikit informasi tentang bagaimana cara menginstall Apache sebagai web servernya , lalu php sebagai penghubung antara web server dan database, kemudian mysql untuk mengelola database dan phpmyadmin supaya bisa mengelola database secara GUI.
  • Latar Belakang
Memahami konsep dan cara install apache, mysql , php dan phpmyadmin.
  • Maksud & Tujuan
Supaya dapat membuat web server sendiri dan mengelola sebuah database.

B.Alat & Bahan

Laptop
Charger
Koneksi Internet

C.Waktu Pengerjaan

1 - 2 jam

D.Pembahasan

Sebelum dilanjut 

Bantu saya dengan cara klik link dibawah ini :) thx


1.Kita menginstall apachenya sebagai web servernya pastikan kalian terhubung ke internet , dengan perintah 

 sudo apt-get install apache2



Jika sudah kalian bisa mengeceknya apakah apache sudah berjalan dengan perintah systemctl status apache2 jika ada tulisan active maka sudah berhasil
/ kalian bisa mengeceknya dibrowser kalian masing-masing dengan cara mengetikkan IP leptop kalian atau localhost




2.kemudian saya akan menginstall php. php sendiri bisa digunakan untuk penghubung antara web server dan database server, kali ini saya menggunakan php7.2 untuk perintah penginstallannya

sudo apt-get install php7.2

kemudian untuk mengtest apakah php kita active atau tidak kalian bisa mengujinya dengan script php terlebih dahulu masuk kefolder default apache di /var/www/html  , kemudian kita buat file bernama test.php kemudian kita isi dengan script

<?php
phpinfo();
?>



untuk mengeceknya bisa menggunakan browser, lalu ketik
 IP laptopmu/test.php
jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti ini



3.Tahap selanjutnya saya akan menginstall software database untuk mengelola databasenya kali ini saya menggunakan mysql , dengan perintah

sudo apt-get install mysql-server mysql-client


jika sudah kita coba masuk ke mysqlnya dengan perintah
mysql - u root -p

disini saya tidak menggunakan password jadi saya langsung menekan tombol enter

untuk memberikan password bisa menggunakan perintah
update user set authentication_string-password('password_kalian') where user='root';
4.Karena mysql berbasis cli kali ini saya akan menggunakan phpmyadmin supaya dapat mengelola database dengan secara GUI . untuk penginstallanya menggunakan perintah
sudo apt-get install phpmyadmin
nanti akan muncul tampilan seperti ini , karena saya menggunakan web server apache maka pilih apache2 dengan cara menekan tombol space


dibagian ini pilih yes


kemudian masukkan pasword yang terdapat di mysql tadi


kemudian ketik lagi password yang tadi

Terakhir kita masuk ke phpmyadmin dengan cara masuk ke browser anda lalu ketik kemudian login dengan username dan password tadi
IP Laptop/phpmyadmin



E.Kesimpulan

    Sebelum masuk ke teknis alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang ingin kita kerjakan. Sekian dari saya  bila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Wasslamualaikum wr wb
F.Refrensi 

Ebook debian server


0 komentar