Pengertian Database Server Beserta Contohnya || Server ~

Pengertian Database Server Beserta Contohnya || Server ~

Assalamualaikum wr wb 


A.Pendahuluan

    Bagi kalian mungkin sudah sering mendengar kata Database , dari kata database kita juga mendapat sebuah kesimpulan bahwa database adalah sebuah media yang digunakan untuk menyimpan sebuah data. 
  • Latar Belakang
         Database server sering digunakan dalam berbagai hal seperti contohnya saja ketika kita membuat web server disekolah maka akan dibutuhkan database server untuk meyimpan data-data siswa , guru dll.
  • Maksud & Tujuan
Memahami fungsi / konsep dari database server itu sendiri 

B.Pembahasan



       Pengertian singkatnya database bisa dibilang sebagai tempat penyimpanan suatu data, contoh penerapannya di dunia manusia salah satunya adalah sama seperti perpustakaan buku ,karena salah satu fungsi Perpustakaan buku adalah sebagai tempat penyimpanan buku.Server basis data adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan.Pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model klien/server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah komputer umumnya merupakan server) yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. 

     Sistem manajemen basis data (SMBD) pada umumnya menyediakan fungsi-fungsi server basis data, dan beberapa SMBD (seperti halnya MySQL ) sangat bergantung kepada model klien-server untuk mengakses basis datanya.Database adalah tempat dimana kalian meletakkan file-file data yang di perlukanoleh sebuah website ataupun aplikasi. Untuk contoh database server yang sering digunakan ;
  • Mysql Database

        MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data (SMBD) SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multialur, multIPengguna, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia.MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis di bawah lisensi GNU General Public License (GPL),tetapi mereka juga menjual di bawah lisensi komersial untuk kasus-kasus di mana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL. 

    Tidak sama dengan proyek-proyek seperti Apache, di mana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, dan hak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing,MySQL dimiliki dan dISPonsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB, dimana memegang hak cipta hampir atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swedia dan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, Allan Larsson, dan Michael.
  • Oracle Database

 
      Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform). 

     Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya bernama Software Development Laboratories (SDL) pada tahun 1977.Pada tahun 1983, perusahaan ini berubah nama menjadi Oracle Corporation sampai sekarang. 

  • Postgre SQL Database





     PostgreSQL adalah sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD.Peranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini,selain MySQL dan Oracle.PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror,PGPool,Slony,PGCluster, dan lain-lain.

     PostgreSQL adalah sistem database yang kuat untuk urusan relasi, open source. Memiliki lebih dari 15 tahun pengembangan aktif dan sudah terbukti segala rancangan arsitekturnya telah mendapat reputasi tentang “kuat”, “handal”, “integritas data”, dan “akurasi data".

C.Kesimpulan

    Untuk software yang sering digunakan adalah mysql karena kelebihannya yang stabil , kemudian Oracle yang mempunyai sifat platform berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer , kemudian PostgreSQL yang mempunyai fitur yang berguna untuk replikasi basis data , dari kesimpulan tersebut dIPastikan bahwa setiap aplikasIPasti mempunyai sebuah kelebihan dan kekurangan .Sekian dari saya  bila ada kesalahan pada saat penulisan saya minta maaf. 

Wassalamualaikum wr wb
D.Refrensi

wikipedia indo & Ebook Debian Server 






0 komentar