Konfigurasi FTP Server Pada Linux || Server ~

Konfigurasi FTP Server Pada Linux || Server ~

Assalamualaikum wr wb

A.Pendahuluan

  Di kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana mengkonigurasi ftp server di linux ,untuk penjelesan ftp server itu sendiri sudah dibahas kalian bisa membuka nya disini .
  • Latar Belakang
   FTP atau file transfer protocol adalah sebuah protocol yang berfungsi untuk mendownload sebuah data ataupun menguploudnya menggunakan media jaringan.
  •  Maksud & Tujuan
Dapat memahami bagaimana cara konfigurasi ftp server di linux ini.

B.Alat & Bahan

 Server
 Koneksi Internet

C.Waktu Pelaksanaan

10 menit

D.Pembahasan

Sebelum dilanjut 

Bantu saya dengan cara klik link dibawah ini :) thx


1.Pertama kita install terlebih dahulu ftp serverya pada kali ini saya menggunakan software proftpd


 2.Jika sudah tinggal kita konfigurasi ftp servernya , untuk perintahnya
nano /etc/proftpd/proftpd.conf

3.Kemudian akan muncul tulisan seperti ini , pada bagian port kalian bisa menggunakan deafultnya atau merubahnya sesuai keinginan kalian


Kemudian di bawah sendiri ketik 

<Anonymous /home/>
user ftp
<Anonymous>
 
/home : supaya ketika user login maka akan diarahkan kedirectory /home system itu sendiri
user ftp : berarti agar setiap user pada system dapat login menggunakan username dan passwordnya masing masing /home : supaya ketika user login maka akan diarahkan kedirectory /home system itu sendiri
user ftp : berarti agar setiap user pada system dapat login menggunakan username dan passwordnya masing masing .


4.Jika sudah silahkan save dan exit menggunakan tombol ctrl + x lalu y dan enter

5.Lalu kita restart ftp servernya dengan perintah
service proftpd restart

6.Terakhir kita cek apakah sudah berhasil apa belum kali ini saya menggunakan browser untuk mentest nya kalian juga dapat menggunakan software filezilla. Untuk caranya kalian dapat memasukkan ip server kalian, IP saya pada saat ini 10.197.56.33


Pada bagian kolom url ketik ftp://IP-Kalian ex : ftp://10.197.56.33 , nanti akan muncul kolom untuk memasukkan username dan password kalian jika sudah akan dialihkan ke halaman directory /home yang tadi sudah saya atur



E.Masalah

Tidak ada

F.Kesimpulan
 
   Dengan menggunakan ftp ini kita bisa mendownload sebuah file yang berada di server kita pun dapat menguploud sebuah file  untuk menguploudnya kalian dapat menggunakan software filezilla Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan di artikel ini bilamana ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf …  

Wassalamualaikum wr wb
G.Refrensi

 Ebook Debian Server

0 komentar