Pengertian Server dan Jenis" Server || Server ~

Pengertian Server dan Jenis" Server || Server ~

Assalamualaikum wr wb 


A.Pendahuluan

    Dalam sebuah jaringan yang memakai metode client-server.Server pasti digunakan karena fungsi server itu yang bertugas melayani client yang meminta layanannya .Untuk lebih lengkapnya silahkan pahami tulisan dibawah ini.
  • Latar Belakang
Agar dapat membeda-bedakan jenis-jenis server sesuai fungsinya.
  • Maksud & Tujuan
Memahami kegunaan server itu dan jenis-jenis server yang sering digunakan dalam sebuah jaringan.

B.Pembahasan

Server adalah sebuah sistem komputer yang ditugaskan melayani permintaan client , server juga dapat berfungsi mengatur / mengontrol akses pada client dalam sebuah jaringan, analoginya server itu sebagai penjual dan client itu pembeli.

  • Jenis-jenis server
1.Web Server

   Web server adalah sebuah perangkat lunak yang berfungsi melayani permintaan dalam protokol web yaitu http dan https dari client dan si server akan membalasnya dengan menampilkan halaman sesuai permintaan client itu sendiri, dalam melayani client web menggunakan perantara yaitu web server.

2.FTP Server

   FTP singkatan dari ( File Transfer Protocol ) adalah sebuah protokol yang bertugas untuk menangani pertukaran data dalam jaringan . FTP sering digunakan dalam hal download dan uploud suatu file ke server . Dalam keadan default ftp berjalan pada port 21.

3.Database Server

   Database Server merupakan sebuah sistem yang bertugas untuk menangani pengelolaan sebuah data yang menggunakan model client server yang digunakan menjalankan program yang bersangkutan.

4.DNS Server

  DNS atau Domain Name System, adalah sebuah server yang berfungsi menangani translasi penamaan host-host kedalam IP Address, begitu juga sebaliknya dalam menangani translasi dari IP Address ke Hostname/Domain. Dalam dunia internet, komputer berkomunikasi satu sama lain dengan mengenali IP Address-nya, bukan domainnya. Akan tetapi, manusia jauh lebih sulit dalam mengingat angka-angka dibanding dengan huruf.

5.NTP Server
   
  NTP merupakan singkatan dari Network Time Protocol. NTP server ini sebuah protokol yang menangani sinkronisasi waktu kepada sumber yang bersangkutan, melalui jaringan internet. NTP sering digunakan untuk meng-sinkronkan waktu terhadap server.

6.Samba File Server
  
  Samba File Server sebuah layanan yang digunakan untuk file sharing , jadi server menyediakan file atau folder yang dapat diakses secara bersama-sama dalam suatu jaringan Keuntungan dari penggunaan File Server ini dapat diakses oleh bersama sama.
kalian lihat dari segi keefisiensiannya.

   Misalnya dalam suatu kasus kalian mempunyai 250  PC Client yang perlu diinstallkan program. Akan tetapi file installer program tersebut hanya terdapat disalah satu komputer saja. Tentunya akan sangat merepotkan dan beresiko apabila kalian harus mengkopikan file installer tersebut ke tiap-tiap PC secara manual.

   Nah,solusinya adalah dengan penggunaan metode File Sharing ini.Dimana hanya ada satu komputer yang men-sharing file installer program tadi, lalu dari komputer-komputer client hanya tinggal mengaksesnya saja.

C.Kesimpulan

   Pada jaringan LAN, MAN atau WAN sangat penting adanya sebuah server, karena fungsi utama server itu sendiri adalah pelayan dari client.Sekian dari saya  bila ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb
D.Refrensi

ebook debian server 







0 komentar