Pengertian & Contoh Shell Pada Linux || Linux ~

Pengertian & Contoh Shell Pada Linux  || Linux ~

Assalamualaikum wr wb

A.Pendahuluan

   Dikesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel tentang pengertian shell pada linux.Mungkin sedikit terdengar asing bagi pemula pengguna linux padahal shell ini sering kita gunakan ketika kita menggunakan terminal di linux.
  • Latar Belakang
Agar dapat mengenal apa itu shell pada linux dan beserta cara kerjanya.
  • Maksud & Tujuan
memahami pengertian shell pada linux.

B.Pembahasan

Sebelum dilanjut 

Bantu saya dengan cara klik link dibawah ini :) thx


   Shell adalah sebuah alat penterjemah pada sebuah sistem operasi, pada linux shell terdapat di terminal linux. Perangkat lunak inilah yang bertugas untuk menjembatani (media perantara) antara pengguna dengan sistem operasi, jadi pengguna tinggal memasukkan perintah linux nanti shell yang akan menangani perintah tersebut
Shell baik di linux maupun di UNIX sama saja digunakan untuk menangani perintah-perintah yang dimasukkan oleh pengguna tersebut digunakan untuk interaksi antara user dengan komputernya termasuk juga dalam mengontrol session UNIX dan pemrograman (scripting). 

   UNIX shell menyediakan sekumpulan instruksi khusus yang dapat digunakan untuk membuat program shell script . Ada beberapa jenis shell yang umum ditemukan dalam distro Linux, yakni : bash , csh, ksh , sh, zsh, dll
Di Sistem Operasi windows juga terdapat shell , kalian sering menyebutnya CMD ( Command Prompt )
  • Bourne Shell ( sh )
       Bourne Shell ini merupakan shell default yang ditetakan di Sistem Operasi Unix, shell ini dikembangkan oleh Stephen Bourne di Bell Labs, yang merupakan shell penganti yang dibuat oleh Thompson, yang file executablenya memiliki nama yang sama — sh. Itu dirilis pada tahun 1979 di rilis Versi 7.
  • C Shell ( csh )
        C Shel ( csh ) ini adalah shell yang di improve dari shell tcsh , shell ini dibuat oleh Bill Joy ketika dia adalah seorang mahasiswa pascasarjana di University of California, Berkeley. Pada akhir tahun 1970-an. shel ini telah di distribusikan secara luas . Ini telah didistribusikan secara luas, dimulai dengan rilis 2BSD dari Berkeley Software Distribution (BSD) yang mulai didistribusikan Joy pada tahun 1978.

  • Korn Shell ( ksh )
        Korn Shell adalah sebuah shell unix yang di buat oleh David Korn di Bell Labs pada awal tahun 1980s dan di publish oleh USENIX pada tahun July 14, 1983. Pengembangan shell ini di ciptakan pada didasarkan pada kode sumber Bourne shell.
  • Bourne Again Shell ( Bash )
     Bourne Again Shell lebih sering disebut bash merupakan shell unix yang dikembangkan dari shell Bourne Shell ( sh ). Bash ini sangat paling sering digunakan pada sistem operasi linux karena mudah saat pengoperasiannya. Nama shell ini diambil dari penciptannya yaitu Stephen Bourne bash sendiri kemudian dikembangkan Brian Fox.
  • Z Shell ( zsh )
       Z Shell adalah shell unix yang dapat sering digunakan pada saat ini karena fitur-fiturnya sendiri yang gampang di gunakan untuk pemula maupun tingkatan lainnya , Zsh ini merupakan shell yang dibentuk dari pesempurnaan dengan sejumlah besar perbaikan termasuk penambahan beberapa fitur dari Bash, ksh, dan tcsh. 

C.Kesimpulan

   Shell merupakan sebuah perangkat lunak yang penting pada sebuah sistem operasi apalagi jika sistem operasi itu hanya support mode cli maka shell pasti akan berguna banget .Ya mungkin itu saja yang saya dapat tulis pada artikel kali ini bila ada kesalahan dalam penulisan saya minta maaf .  

Wassalamulaikum wr wb
D.Refrensi 

Ebook Debain 8 Server BLC 

1 komentar: