Cara Menggunakan WebHTTrack di Linux ~

Cara Menggunakan WebHTTrack di Linux ~

Assalamualaikum wr wb 


A.Pendahuluan

   Sebelumnya terima kasih sudah mau mampir lagi di blog saya ini , pada kesempatan ini saya akan membahas sedikit trick bagaimana cara menggunakan software HTTrack di linux ini,oke silahkan dibaca dan di pahami dan jangan lupa untuk mempraktekannya  .
  •  Latar Belakang
         Salah satu cara untuk belajar adalah dengan cara membaca artikel disuatu website, tetapi untuk mengunjungi website tersebut pasti perlu koneksi internet nah untuk untuk menangani masalah tersebut kita dapat membuat website tersebut menjadi offline adalah menggunakan program HTTrack ini.
  •  Maksud & Tujuan
         Dapat mengofflinekan suatu situs agar dapat dibuka tanpa memerlukan koneksi internet dengan begini bandwidth yang dikeluarkan pun dapat di minimalisir.

B.Alat & Bahan

 koneksi internet
 laptop yang terinstall os linux

C.Waktu Pelaksanaan

 10 - 30 menit

D.Pembahasan

    HTTrack adalah gratis dan open source Web crawler dan browser secara offline, yang dikembangkan oleh Xavier Roche dan berlisensi di bawah LIsensi Versi GNU GEneral Public 3.HTTrack memungkinkan pengguna untuk men-download Dunia Wide Web situs dari internet ke komputer lokal. Secara default, HTTrack mengatur situs download oleh link-struktur relatif situs asli. Download (atau "The cermin ") situs dapat diakses dengan membuka halaman situs di browser.


1.Seperti biasa masuk ke mode root terlebih dahulu dan mengupdate systemnya


2.Lalu kita install aplikasi WebHTTracknya dengan menggunakan perintah
apt-get install webhttrack

tunggu proses penginstallannya

3.Jika sudah selesai buka program nya biasanya akan muncul icon shortcutnya di menu program / mengetikkan perintah , diterminal
webhttack
Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini di browser anda, dibagian ini next saja


4.Masukkan nama projectnya , katagori projectnya sama tempat menyimpan website tersebut , setelah itu next saja


5.Lalu pada kolom actionnya isikan download web site dan masukkan url web yang ingin kita download , jika sudah next


6.Dibagian sini kita next saja


7.Jika sudah berhasil maka akan muncul tampilan Finished

E.Masalah

Tidak ada

F.Kesimpulan

   Sebenernya untuk penggunaan program ini bisa tergolong mudah karena tinggal mengatur opsi pengunduhan dan mengisi beberapa kolom dengan begitu website sudah dapat dibuka secara offline .Hanya ini yang bisa saya dapat sampaikan bilamana ada kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum wr wb
G.Refrensi


0 komentar